Kamis, 07 Januari 2010

Segmen Pasar Berdasarkan Faktor Geografi


Segmen pasar berdasarkan faktor geografi merupakan tujuan pasar dalam unitgeografis yang berbeda. Pada segmen ini, advertiser memutuskan dalam mendesainproduk yang mengacu pada :
1) Beroperasinya produk ke dalam satu atau beberapawilayah geografis, seperti iklan rokok Long Beach ditujukan kepada masyarakat wilayahAsean yang berselera rokok putih,
2) Beroperasinya produk ke dalam semua wilayahdengan memperhatikan variasi-variasi kebutuhan dan pilihan geografis, seperti Indomierasa kedaerahan, ada rasa Rawon Surabaya, Sate Madura, Rendang Padang dan lain-lain.

Jenis produk yang berdasarkan kewilayahan tersebut sering dilakukan advertiserdalam menciptakan desain periklanan ke local genius. Perbedaan konsep acuan padadaerah tertentu dalam desain periklanan yang memberikan kekhasan daerah tertentu,seperti seni dan budaya yang ada, merupakan penekanan informasi yang melekat padaproduk. Sebagai contoh daerah Jawa Timur yang mengangkat seni Ludruk, Jawa Tengahmengangkat seni Wayang Purwa, Jawa Barat dengan seni jaipongannya, Bali yangdiekpos tari Kecaknya dan daerah lain atau budaya yang ada di daerahnya untuk diangkatsebagai pendukung tampilnya suatu iklan. Seperti iklan rokok Djie Sam Soe 234 kretekyang selalu mengangkat seni dan budaya sebagai pendukung misi “produk warisan paraleluhur”.

Maaf ya ga ada contohnya.hehehe.... Gak enak kalo pake desain punya orang :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar